Memahami 32 Istilah Dalam Jual Beli Online

Hai sobat, Penggunaan internet sebagai media bisnis online semakin berkembang pesat. Kalian semua pasti sudah pernah berjual beli atau belanja online kan? Atau tahu apa itu jual beli online namun tidak pernah bertransaksi secara online. Kalian tentunya juga sering menemukan istilah dalam berjual beli online yang mungkin kalian tidak tahu apa artinya. Nah, Jika Anda ingin memulai bisnis jual beli online, baik melalui market place maupun membuat web toko online sendiri, pada kesempatan ini akan memberikan sedikit penjelasan mengenai istilah yang sering dipakai saat jual beli online. Harapan saya setelah mengatahui banyak tentang istilah-istilah jual beli online ini, teman-teman semakin mudah berkomunikasi dalam kegiatan berjualbeli online.

Memahami Istilah Dalam Jual Beli Online
  1. Seller = Seller atau dalam bahasa Indonesianya adalah penjual. Mereka ini adalah para pemilik online shop.
  2. Buyer = sebutan untuk pembeli atau konsumen
  3. Customer = sama dengan buyer, namun ini adalah sebutan untuk pembeli loyal (sering order)
  4. Supplier = sebutan untuk orang yang memberikan pasokan barang pada para penjual.
  5. Reseller = sebutan untuk penjual yang menjualkan barang orang lain untuk konsumennya. Dalam istilah sederhananya adalah calo.
  6. Dropship = pengiriman barang kepada konsumen dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku reseller.
  7. TF = Transfer
  8. Return = tukar barang yang sudah dibeli dengan barang lainnya
  9. Refund = Transaksi dibatalkan, barang dikembalikan kepada penjual dan uang dikembalikan kepada pembeli
  10. Reject = barang tidak dalam kondisi baik, ada cacat.
  11. Ready stock = barang tersedia.
  12. PO = singkatan dari Pre Order. Ini adalah sistem yang banyak dipakai oleh mereka yang menjual barang impor, atau custom. Jadi, barang baru akan dipesankan atau diproduksi setelah jadwal PO berakhir, dan dikirim setelah barang jadi.
  13. Restock = Restock artinya barang yang diperjualbelikan tersedia kembali, setelah mengalami out of stock.
  14. Out of stock= Istilah untuk keadaan barang yang habis persediannya di tangan penjual atau supplier
  15. Sold = habis terjual
  16. Trusted = terpercaya, bukan penipu
  17. Testimonial/Testi = Istilah untuk pesan dan kesan dari pelangganya. Ini biasanya dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli lainnya berdasarkan pengakuan pembeli sebelumnya
  18. DP (Down Payment) = sistem pembayaran yang tidak langsung dibayar lunas. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk barang dengan sistem pre order.
  19. Full payment = pembayaran penuh, atau langsung LUNAS.
  20. Booked = telah dipesan oleh orang lain. Anda tidak bisa membelinya
  21. Keep = Hampir sama dengan booked diatas, keep biasanya dilakukan oleh pembeli yang sudah pasti akan membeli satu produk tapi belum sempat melakukan pembayaran. Pesanan di keep terlebih dahulu agar tidak terjual kepada orang lain
  22. Hit and run = Istilah untuk mereka yang pesan ini itu, janji mau bayar tanggal sekian tapi tidak menepatinya. Hit and run bisa juga istilah untuk konsumen yang rajin tanya-tanya detail produk tapi tidak pernah membeli.
  23. Ongkir/shipping cost (Ongkos kirim) = biaya pengiriman dari tempat penjual ke pembeli. Ini ditanggung sama pembelinya.
  24. No Afgan = Istilah ini merujuk pada judul lagu Afgan yang berjudul Sadis. Artinya boleh nawar, tapi jangan sadis-sadis.
  25. Rekber = singkatan dari rekening bersama. Maksudnya ini adalah rekening pihak ke-3 yang menjadi mediator antara penjual dan pembeli.
  26. Resi = nomor bukti pengiriman barang yang didapatkan dari pihak ekspedisi.
  27. COD (Cash on Delivery) = Cara pembelian di mana penjual dan pembelinya bisa bertatap muka. Bisa janjian di sebuah tempat, atau penjual anterin ke rumah pembeli. Pembayaran di lakukan saat mereka saling bertemu. 
  28. Ekspedisi =penyedia layanan jasa pengiriman. Misal: JNE, POS, TIKI, dll
  29. BPJS (Budget Pas-Pasan Jiwa Sosialita) = Istilah ini biasanya disematkan kepada calon pembeli yang suka menawar harga barang online.
  30. CLBK (chat lama beli kagak) = Biasa disematkan untuk calon konsumen yang bertanya-tanya terus pagi siang malam namu ujung-ujungnya tidak jadi beli.
  31. Agan/gan = juragan
  32. Noken = Kependekan dari No Kendala alias tanpa cacat. Biasanya digunakan ketika berjual beli barang elektronik seperti HP, Laptop, dll.
Mungkin masih banyak lagi istilah dalam jual beli online yang lain. Semoga istilah diatas bisa menjadi pelengkap wawasan Anda sebelum memulai jual beli online di dunia maya. Bagi yang mempunyai usulan istilah ataupun pertanyaan tentang istilah jual beli online silahkan berkomentar di kolom komentar yang telah disediakan.

0 Response to "Memahami 32 Istilah Dalam Jual Beli Online"

Posting Komentar