6 Tips Mengusir Tikus Rumah

Info Kesehatan - Siapa yang tidak jengkel bila di dalam rumah banyak tikus yang berkeliaran. Selain menjijikan, kehadiran hewan pengerat ini dapat menyebarkan penyakit dan juga merusak barang-barang yang ada di dalam rumah.

Memang banyak alat yang bisa digunakan untuk membasmi tikus seperti perangkap tikus, racun tikus maupun pengusir tikus elektrik. Memang alat-alat tersebut efektif, namun demikian semua peralatan tersebut bukan tanpa resiko dan efek samping. Untuk itu ada baiknya Anda menggunakan pengusir tikus yang alami guna menghindarkan Anda dan keluarga dari dampak negatif alat-alat pengusir tikus di masa yang akan datang. Lalu apa saja bahan-bahan alami yang dapat mengusir tikus binatang pengganggu ini? Berikut pembahasannya

1. Kapur Barus (Kamper) Tidak hanya untuk merawat pakaian di dalam lemari, kapur barus juga dapat digunakan untuk mengusir tikus. Caranya dengan menghancurkan beberapa buah kapur barus, tapi jangan terlalu halus, usahakan masih terlihat potongan kapur barusnya. Setelah itu anda cukup menaburkan kapur barus pada tempat tikus berlalu-lalang. Dengan cara ini tikus pergi, dan rumah Anda pun akan wangi.

2. Buah Mengkudu, Buah mengkudu yang selama ini hanya dikenal berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia ternyata juga dapat mengusir tikus. Caranya Anda perlu mempersiapkan dua atau tiga buah mengkudu, setelah itu potonglah buah mengkudu yang telah disiapkan menjadi beberapa bagian. Kemudian mengkudu yang telah dipotong tersebut dimasukan dalam wadah lalu taruh di tempat tikus sering berkeliaran.

3. Jangkrik, Anda dapat menggunakan jangkrik untuk mengusir tikus di rumah. Caranya sangat sederhana, Anda cukup letakkan jangkrik di tempat biasa tikus bersarang, misalnya di dapur dan di garasi. Dengan demikian tikus tidak akan berani menghampiri tempat tersebut, karena tikus tidak suka dengan suara bising, kita ketahui bahwa jangkrik mengeluarkan suara yang bising.

4. Minyak Mint, Untuk penggunaan minyak mint sebagai pembasmi tikus Anda hanya perlu mengoleskan minyak mint tersebut di selembar karton, kemudian karton tersebut di letakkan pada tempat yang sering dilalui oleh tikus di rumah Anda. Tikus tidak akan mau kembali kerumah Anda karena tikus tidak suka dengan bau mint.

5. Buah Durian, Jika selama ini setelah menikmati buah durian Anda langsung buang kulitnya ke tong sampah, kini lebih baik kulit buah berduri itu Anda simpan. Karena ternyata kulit durian dapat mengusir tikus. Caranya adalah dengan memotong kulit durian menjadi beberapa bagian kemudian letakan ditempat tikus biasa bersarang. Dengan bau kulit durian yang menyengat dapat di pastikan tikus tidak suka dan pergi dari rumah Anda.

6. Daun Sirsak, Ambillah beberapa lembar daun sirsak. Yang muda ataupun yang tua sama saja, taruhlah di sudut-sudut yang sering didatangi tikus, seperti di dapur, di bawah rak piring, atau di bawah meja kompor. Jika merasa sudah aman sampai daun itu mengering, bersihkanlah agar tidak terjadi penumpukan sampah. Daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai tikus

0 Response to "6 Tips Mengusir Tikus Rumah"

Posting Komentar